Langsung ke konten utama

8 Fakta Mengantisipasi Kegagalan Sebelum Membuka Bisnis

Ada banyak fakta sebelum membuka bisnis atau usaha, maka dari itu persipkanlah diri Anda agar Anda bisa mengantisipasi kegagalan dalam merintis sebuah bisnis. Ketika Anda membaca artikel, menonton video dan segala kesaksian seseorang dalam perjalanannya membangun sebuah bisnis, nampaknya perjalanan tersebut terjal namun nampak mudah untuk dihadapi.

Andapun biasanya langsung bersemangat dan mulai mengumpulkan ide-ide untuk membuka sebuah usaha. Tetapi, seringkali banyak orang yang patah semangat dan gagal di tengah jalan, dan menjadi trauma dalam berbisnis.

Oleh karena itu, agar Anda tidak sekedar melihat kulit luar dari membuka sebuah usaha. Berikut Kami berikan 8 Fakta Sebelum Membuka Bisnis, agar Anda Bisa Mengantisipasi Kegagalan

1. Anda harus punya potensi dan skill sebelum masuk ke dunia bisnis
Hindari ikut-ikutan tren. Misalnya saja, sedang musim bisnis bunga, jika Anda tak punya potensi untuk menjual bunga, tak tahu siapa supplier terbaik dan termurah, maka jangan ikut-ikutan membuka bisnis bunga meskipun Anda berani mengambil risikonya. Pasalnya, potensi yang Anda miliki itu harus seimbang dan menunjang bisnis Anda.


2. Anda akan mengorbankan banyak hal untuk bisa membuat bisnis lebih sukses
Bisa jadi waktu bersantai Anda juga berkurang drastis bahkan tak ada waktu bersantai di awal mula Anda membuka bisnis. Selain itu, Anda pun harus mengalah dan tegas dengan diri Anda sendiri untuk mengurangi waktu bermain, berkumpul bersama teman, untuk mengelola dan fokus mengembangkan bisnis Anda .

3. Ide pertama bisnis bisa saja gagal
Pahami dengan baik bahwa ide bisnis Anda, secemerlang apapun rancanganmu dan dalam pikiran, itu tak 100% akan berhasil. Bisa saja gagal. Jadi, saat baru saja memulai sebuah usaha dan mengimplementasikan ide kemudian gagal, jangan minder dan menyerah. Cari lagi ide-ide lainnya yang bisa Anda terapkan atau bahkan memperbaiki ide bisnis Anda agar lebih sempurna lagi.


4. Bisnis itu membutuhkan kerja keras dan pengorbanan lebih dari yang Anda bayangkan
Jangan menganggap asal Anda masih muda dan punya modal berlebih lantas bisa membuat bisnis Anda langsung sukses begitu saja tanpa ada pengorbanan dibaliknya. Anda harus mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran dalam bisnis tersebut. Dalam memperlancar usaha Anda, baiknya gunakan database barang yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan pembukuan di usaha Anda.

5. Anda wajib mandiri dan memprioritaskan bisnis
Didalam membuka sebuah usaha, apalagi jika Anda memulainya sendirian, Anda berdiri sendiri. Orang tua, kerabat terdekat mungkin bisa memberikan nasihat serta masukan, namun segala keputusan utamanya ada ditangan Anda. Jadi, wajib memiliki mental dan semangat baja.

6. Tak semua orang cocok dengan bisnis Anda, dan tidak semua orang bisa jadi pelanggan Anda
Misalnya saja Anda membuka sebuah coffee shop. Tentu para pelanggan Anda adalah orang-orang yang biasa mencari tempat meeting, suasana baru, para pecinta kopi, orang yang ingin sendiri, dan lain sebagainya. Merekalah target market Anda. Sedangkan mereka yang sudah berumur dan lebih suka menyantap makanan rumah bukanlah pelanggan Anda. Jadi, kamu harus bisa menentukan dengan baik siapa sesungguhnya target market sebelum membuka bisnis.

7. Anda wajib mencintai sepenuh hati pada bisnis yang sedang Anda geluti
Waktu Anda akan tersita habis untuk mengelola bisnis tersebut, jadi jangan sampai Anda merasa terbebani. Anda harus bisa menikmati waktu dan bisnismu tersebut. Jika Anda selalu terbebani, tentu bisnis Anda juga tak akan bisa maju.


8. Harus belajar untuk berkata tidak dan selektif dalam mengambil tindakan
Jangan hanya karena Anda berteman, maka Anda menjadikan orang tersebut sebagai salah satu supplier Anda, apalagi jika harganya lebih mahal. Anda harus pintar-pintar dalam mengambil langkah dalam berbisnis. Setiap penawaran yang masuk di Anda, baik itu dari teman ataupun lainnya, harus Anda nilai dengan adil.

Sekian penjelasan artikel tentang 8 fakta mengantisipasi kegagalan sebelum membuka bisnis. Semoga dapat menginspirasi Anda sebelum menentukan langkah dalam merintis sebuah bisnis. Selamat Berjuang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengelola Keuangan Usaha Minimarket dengan Software Toko

Anda mungkin merasa kewalahan jika merencanakan semua administrasinya, membuat laporan, cek transaksi, dll secara manual dalam usaha Minimarket, Swalayan, atau Toko. Bisnis minimarket atau swalayan saat ini, tidak mungkin lepas dari penggunaan aplikasi kasir untuk mempermudah transaksi jual beli dan segala macam administrasi. Tentunya, agar semua praktis dan efisien, dibutuhkan software yang berkualitas dan memberikan pelayanan komplit tanpa kekurangan sedikitpun. Tapi, jangan khawatir, aplikasi kasir ini terdepan menawarkan berbagai macam fitur menarik yang tentunya mengedepankan kualitas. Aplikasi dengan fitur lengkap ini sudah banyak digunakan oleh ribuan klien. Kami di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan mencakup wilayah penjualan di Indonesia. Jika anda sedang berniat berwirausaha, maka gunakanlah aplikasi kasir yang bisa dapat membantu penjualan dengan barang yang ada di dalam toko Anda. Tentunya, agar semua praktis dan efisien, dibutuhkan software

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Kasir SID Retail dengan yang Lain

Mengelola toko retail agar menjadi lebih profesional, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi kasir yang mumpuni yang support dengan fitur retail dan grosir. Menggunakan aplikasi kasir untuk kepentingan bisnis toko retail sangatlah penting, karena aplikasi kasir akan membantu Anda dalam proses administrasi penjualan, baik prosesnya, transaksi, hutang piutang dan lain sebagainya. Aplikasi kasir berguna agar toko memiliki pembukuan yang lebih rapi, arus kas, laporan, data barang, stok menjadi lebih jelas agar kesalahan akibat penghitungan data menjadi tidak ada lagi pada pembukuan toko Anda. Keunggulan aplikasi kasir SID Retail dengan aplikasi kasir lainnya: 1. Mendukung multi user dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan Komputer. 2. Mendukung sistem barcode scanner untuk mempercepat transaksi pembelian dan penjualan. 3. Dapat mengetahui langsung jumlah laba yang diperoleh dari setiap transaksi penjualan. 4. Program diproteksi dengan password sesuai

Software Toko Berfitur Lengkap dan Murah

Kini telah hadir sebuah software kasir toko untuk mengatasi solusi tersebut. Kami menawarkan software toko yang murah dengan fitur yang lengkap membantu anda dalam pelayanan administrasi dan transaksi untuk mendukung bisnis toko anda semakin maju dan berkualitas. Software Toko menggunakan database MySQL yaitu sistem manajemen database yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini.  Software toko  yang sangat cocok untuk digunakan segala jenis usaha, program toko ini sudah digunakan oleh ribuan client di seluruh indonesia, sudah terbukti kemampuannya dalam menangani masalah yang dihadapi oleh pemilik toko. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti Multithreaded dan Multiuser Software bergaransi, jika ditemukan bugs silahkan hubungi admin 1x beli, Lisensi dapat dipakai berulang kali (untuk selamanya) 1x beli, Lisensi dapat dipakai untuk beberapa komputer (multiuser) Jika komputer rusak bisa diganti dengan komputer lain tanpa beli lagi Berjala